Blogger Jateng

Pengertian Hukum di Indonesia

Pengertian Hukum di Indonesia

Hukum adalah suatu sistem peraturan yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang untuk mengatur perilaku dan interaksi antara individu, kelompok, dan lembaga dalam suatu masyarakat. Hukum menetapkan norma-norma dan standar yang harus diikuti oleh anggota masyarakat dan menyediakan kerangka kerja untuk menyelesaikan sengketa dan menegakkan keadilan.

Hukum berperan penting dalam menjaga ketertiban sosial, mempromosikan keadilan, dan melindungi hak-hak individu. Tujuan hukum antara lain adalah mengatur hak dan kewajiban warga negara, menjaga ketertiban umum, melindungi hak asasi manusia, mengatur hubungan bisnis, mengatur tata negara, dan menjaga keadilan dalam masyarakat.

Hukum mencakup berbagai bidang, seperti hukum pidana (yang mengatur tindak pidana dan sanksi hukuman), hukum perdata (yang mengatur hubungan antara individu atau pihak swasta), hukum administrasi (yang mengatur hubungan antara individu dan pemerintah), hukum konstitusi (yang mengatur struktur dan fungsi pemerintahan), dan hukum internasional (yang mengatur hubungan antara negara-negara).

Posting Komentar untuk "Pengertian Hukum di Indonesia"