Blogger Jateng

Apa Itu Banding

Banding

Terdakwa atau penuntut umum berhak mengajukan banding terhadap putusan pengadilan tingkat pertama. Banding merupakan suatu upaya hukum setelah putusan pengadilan negeri. Banding disebut juga sebagai pemeriksaan judes factie yang artinya hakim dalam pemeriksaanya masih mempertimbangkan fakta fakta hukum. Upaya banding tidak dapat diajukan pada putusan bebas, putusan lepas dari segala tuntutan hukum, putusan pengadilan dengan acara cepat seperti tilang pelanggaran lalu lintas.

Banding dapat di ajukan kepada pengadilan tinggi oleh terdakwa atau orang khusus yang dikuasakan untuk itu. Permohonan pengajuan banding diajukan oleh pemohon atau kuasanya secara tertulis. Permohonan ini memiliki tenggang waktu 14 hari setelah putusan pengadilan diberitahukan kepada terdakwa. Dalam hal perlawanan diajukan bersama-sama dengan permintaan banding oleh terdakwa atau penasihat hukumnya kepada pengadilan tinggi, maka dalam waktu empat belas hari sejak ia menerima perkara dan membenarkan perlawanan terdakwa, pengadilan tinggi dengan keputusan membátalkan putusan pengadilan negeri yang bersangkutan dan menunjuk pengadilan negeri yang berwenang.

Permohonan pemeriksaan banding disertai pembayaran biaya perkara banding. Besaran biaya perkara banding telah diatur oleh pihak pengadilan, dan besaran bisa berbeda-beda tergantung banyak pihak yang dilibatkan seperti pihak kepolisian, pihak lapas atau Pihan rutan dan lain sebagainya. Biaya yang dibayarkan tergantung juga pada jarak terdakwa atau penuntut umum dengan kantor pengadilan tinggi. Semakin jauh jaraknya maka biaya yang diperlukan juga akan semakin besar.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Banding"