Blogger Jateng

Apa Itu Keadilan

Keadilan

Salah satu tujuan hukum adalah menciptakan keadilan. Keadilan adalah prinsip perlakuan yang adil, setara, dan wajar terhadap semua individu atau kelompok dalam masyarakat. Keadilan merupakan nilai yang sering menjadi tujuan dalam pembentukan hukum, kebijakan publik, dan tindakan sosial. Namun, definisi dan penerapan keadilan dapat bervariasi dalam berbagai budaya, masyarakat, dan konteks politik. 

Beberapa ahli mengkategorikan keadilan dalam 6 macam berikut pembahasannya :
  1. Keadilan distributif                                                                             Keadilan distributif adalah keadilan yang memberikan kepada tiap orang jatah menurut jasanya. Keadilan distributif merupakan asas yang mengatur hubungan antara warga masyarakat dengan masyarakat sebagai kesatuan. Contoh : orang yang bekerja lebih keras mendapatkan gaji yang lebih besar.
  2. Keadilan komutatif                                                                             Keadilan komutatif adalah keadilan yang memberikan jatah kepada setiap orang sama banyak tanpa harus mengingat jasanya. Keadilan ini merupakan asas persamaan. Contoh : pembagian beras kepada pegawai negeri.
  3. Keadilan vindikatif                                                                             Keadilan vindikatif adalah keadilan yang memberikan hukuman kepada seseorang sesuai dengan kesalahan yang dilakukannya. 
  4. Keadilan kreatif                                                                                 Keadialan kreatif adalah keadilan yang memberikan perlingdungan kepada seseorang yang dianggap kreatif dalam menghasilkan karya ciptanya.
  5. Keadilan protektif                                                                                Keadilan protektif adalah keadilan yang memberikan bantuan dan perlindungan kepada setiap manusia sehingga tidak seorang pun dapat sewenang-wenang.
  6. Keadilan legalis                                                                                  Keadilan legalis adalah keadilan yang ingin diciptakan oleh undang undang
keadilan hukum bukanlah tujuan akhir, tetapi proses yang terus-menerus berkembang. Masyarakat harus secara terus-menerus mengevaluasi dan memperbaiki sistem hukumnya agar tetap relevan dan efektif dalam menjaga keadilan bagi semua warga.
Dengan kata lain, keadilan adalah landasan moral dan sosial yang menggerakkan manusia untuk bekerja bersama dalam upaya menciptakan dunia yang lebih baik, lebih adil, dan lebih berkeadilan bagi semua. Ia memerlukan refleksi, komitmen, dan tindakan nyata untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan yang fundamental.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Keadilan"