Blogger Jateng

Apa Itu Remisi Dasawarsa

Remisi Dasawarsa

Remisi adalah pengurangan masa hukuman yang diberikan oleh pemerintah terhadap WBP yang menjalani hukuman. Pada tahun 1955 telah diberikan remisi dasawarsa terhadap WBP yang berhak. Apa itu remisi dasawarsa, apa saja syaratnya, dan apa bedanya dengan remisi lainnya ?. Semua akan dibahas disini

Apa itu remisi dasawarsa ?

Remisi dasawarsa adalah remisi yang diberi kepada WBP pada HUT RI 17 Agustus setiap 10 tahun sekali. Pemberian remisi dasawarsa pertama kali pada tahun 2005. Remisi Dasawarsa merujuk pada pengampunan hukuman bagi sejumlah narapidana yang telah menjalani hukuman penjara selama sepuluh tahun atau lebih. Program ini merupakan upaya untuk memberikan kesempatan kedua kepada mereka yang telah menjalani hukuman penjara panjang dengan perilaku yang baik dan berkomitmen untuk menjadi anggota produktif dalam masyarakat setelah pembebasan. 

Apa saja syarat WBP mendapatkan remisi dasawarsa ?

Setiap WBP berhak mendapatkan remisi dasawarsa kecuali wbp hukuman mati atau penjara seumur hidup atau yang sedang dalam pelarian diri.

Besaran Remisi Dasawarsa :

Adapun besaran remisi dasawarsa adalah 1/12 dari masa pidana, dengan maksimum pengurangan 3 bulan. Misalnya, untuk masa pidana dua tahun (24 bulan), remisi dasawarsa yang akan diberikan adalah 2 bulan. Sehingga, untuk hukuman dengan masa pidana lebih dari tiga tahun, remisi dasawarsa yang dapat diberikan adalah maksimum 3 bulan.

Apa beda remisi dasawarsa dengan remisi umum ?

1. Pengertian 

Remisi dasawarsa adalah remisi yang diberi kepada WBP pada HUT RI 17 Agustus setiap 10 tahun sekali. Pemberian remisi dasawarsa pertama kali pada tahun 2005. Sedangkan Remisi umum adalah remisi yang diberikan pada hari peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus. 
 
2. Syarat Syarat 

Remisi umum memiliki persyaratan seperti : minimal menjalani hukuman, berkelakuan baik dll. Sedangkan remisi dasawarsa tidak memiliki persyaratan terhadap wbp, hanya pengecualian kepada wbp hukuman seumur hidup dan pidana mati tidak bisa mendapatkan remisi dasawarsa.

Remisi dasawarsa tergolong kedalam Remisi Umum, jadi saat pemberian remisi dasawarsa WBP juga mendapatkan remisi Umum bagi yang berhak. Bisa dibilang remisi dasawarsa sama dengan remisi umum.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Remisi Dasawarsa "