Blogger Jateng

Hubungan Antara Masyrakat Dengan Hukum

Masyrakat Dengan Hukum

Masyarakat adalah sekelompok orang yang tinggal atau hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan berinteraksi satu sama lain. Hukum adalah seperangkat aturan yang berfungsi untuk mengatur perilaku individu, kelompok, dan lembaga dalam masyarakat. Berdasarkan pengertian diatas maka hubungan antara masyarakat dengan hukum tidak dapat dipisahkan.
Dalam ilmu hukum ada adagium terkenal yang berbunyi " Ubi sosietas ibi ius " atau dalam bahasa inggris berbunyi " where there is sosiety, there is law " yang berarti ( di mana ada masyarakat di situ ada hukum ) . Bagi yang tidak tau adagium itu apa?, bisa baca pengertian adagium disini

Tujuan adanya hukum bagi kehidupan masyarakat
  1. Sebagai alat pengatur tata tertip hubungan masyarakat
  2. Sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial lahir dan batin
  3. Sebagai sarana penyelesaian sengketa
  4. Sebagai penentuan alokasi wewenang secara terperinci 
  5. Sebagai sarana penggerak pembangunan
Contoh hubungan hukum dengan masyarakat
  1. Hukum adalah pengatur kehidupan masyarakat, kehidupan masyarakat tidak mungkin bisa teratr kalau tidak ada hukum.
  2. Masyarakat merupakan wadah atau tempat bagi berlakunya suatu hukum. Tidak mungkin ada atau berlakunya hukum kalau masayarakatnya tidak ada.
Peraturan hukum berbeda dengan peraturan adat, berikut adalah 4 atribut hukum yang membedakan peraturan hukum dengan peraturan lainnya : 
  1. Atribut otoritas, yaitu peraturan hukum adalah keputusan dari pemegang otoritas untuk menyelesaikan sengketa
  2. Atribut dengan maksud untuk diaplikasikan secara universal, yaitu keputusan yang telah dibuat oleh otoritas yang berkuasa akan dipakai secara universal untuk kasus yang sama.
  3. Atribut obligasi, yaitu keputusan dari pemegang otoritas mengandung penyataan bahwa pihak pertama memiliki hak untuk menagih sesuatu pada pihak kedua, dan pihak kedua berkewajiban memenuhi hak pihak pertama.
  4. Atribut sanksi, yaitu keputusan dari pemegang otoritas tersebut juga disertai dengan penjatuhan sanksi-sanksi.
Masyarakat dan hukum adalah dua entitas yang saling memengaruhi dan membentuk satu sama lain. Tanpa hukum, masyarakat akan cenderung kacau dan tidak teratur. Tanpa partisipasi dan nilai-nilai masyarakat, hukum akan kehilangan makna dan relevansinya. Keterkaitan antara masyarakat dan hukum adalah salah satu elemen paling fundamental dalam peradaban manusia yang terus berkembang. Seiring masyarakat terus berubah, hukum juga harus bersiap untuk beradaptasi agar dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang berkembang.

Posting Komentar untuk "Hubungan Antara Masyrakat Dengan Hukum"