Blogger Jateng

3 Kunci Pemasyarakatan Maju plus Back to Basic Menuju Pemasyarakatan Pasti

        
3 Kunci Pemasyarakatan Maju

        Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga memastikan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju + Back to Basics menjadi landasan utama dalam penyelenggaraan Pemasyarakatan menuju Pemasyarakatan Semakin Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan inovatif (PASTI).
        Pemasyarakatan harus berpegang teguh pada 3+1, yaitu 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics. Aspek 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yakni dengan melakukan deteksi dini, berperan aktif dalam pemberantasan peredaran narkoba, serta senantiasa membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.
        Dalam rangka meningkatkan pengamanan dan keamanan pada unit pelaksana teknis pemasyarakatan. Maka petugas pemasyarakatan perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut :
1. Melakukan deteksi dini, peringatan dini dan cegah gangguan keamanan dan ketertiban
2. Memastikan pemberian layanan dan hak-hak narapidana, Anak binaan, Tahanan dan Anak tanpa adanya pungutan liar dalam bentuk apapun
3. Memberantas peredaran dan/atau penggunaan Handphone dan narkoba secara tidak bertanggung jawab, melalui kegiatan :  Penggeledahan secara menyeluruh (Lingkungan UPT, area layanan dan perkantoran serta lingkungan blok dan blok hunian), minimal 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) minggu serta Melakukan penggeledahan secara teliti terhadap barang dan orang (pengunjung, Mitra kerja Pemasyarakatan, Petugas Pemasyarakatan, Narapidana, Anak binaan, Tahanan dan Anak) yang akan masuk ke dalam Lapas, LPKA atau Rutan. 
4. Memberikan penguatan terhadap petugas secara periodik untuk profesional dan berintegritas dalam pelaksanaan tugas dan bekerja sesuai SOP yang berlaku
5. Mengingatkan kepada seluruh petugas untuk tidak melakukan tindakan kekerasan terhadap narapidana, anak binaan, tahanan dan anak yang melakukan pelanggaran dan menerapkan sesuai SOP yang berlaku dalam penanganan gangguan keamanan
6. Menindak tegas petugas yang terbukti melakukan pelanggaran tata tertib.  
        Dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum pemasyarakatan, pastinya akan menghadapi banyak masalah yang ada. Untuk itu petugas pemasyarakatan harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal intelegensi untuk deteksi dini, kemampuan sosial yang baik untuk memberikan nasehat kepada pelanggar hukum, dan iman yang kuat agar dapat menolak gratifikasi yang bisa membuat ketidakadilan dalam penegakan hukum.

Posting Komentar untuk "3 Kunci Pemasyarakatan Maju plus Back to Basic Menuju Pemasyarakatan Pasti"