Blogger Jateng

Fungsi Hukum Sebagai Sarana Untuk Mencapai Tujuan Hukum

Tujuan Hukum

Fungsi hukum adalah peran dan tujuan utama sistem hukum dalam suatu masyarakat. Hukum memainkan peran yang sangat penting dalam mengatur perilaku manusia, menjaga ketertiban sosial, dan menciptakan kerangka kerja yang diperlukan untuk menjalankan masyarakat dengan efisien dan adil. Berikut dijelaskan beberapa fungsi hukum :
  1. Fungsi hukum sebagai sarana social control                                      Sebagai sarana social control berarti hukum mengontrol tingkah laku masyarakat, yaitu memberikan batasan tingkah laku warga masyarakat yang dianggap menyimpang dari aturan hukum. Tingkah laku yang menyimpang merupakan tindakan yang tergantung pada kontrol sosial. 
  2. Fungsi hukum sebagai tool of sosial engineering                              Fungsi ini bertujuan untuk menciptakan perubahan dalam masyarakat menuju kemajuan yang terencana, artinya bahwa untuk menata kembali kehidupan masyarakat yang sesuai dengan tujuan pembangunan bangsa. Social engineering merupakan pelopor yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang memperoleh kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin atau tokoh.
  3. Fungsi hukum sebagai simbol                                                           Fungsi ini bertujuan untuk menyederhanakan rangkaian tindakan atau peristiwa tertentu sehingga diperoleh pengertian umumnya. Penyimbolan yang dilakukan oleh hukum termasuk konsep rumusan tingkah laku atau peristiwa tertentu ke dalam suatu jenis terminologi hukum. Penyimbolan jug aberfungsi untuk mempermudah pelaksana hukum dalam proses sosilisasi hukum yang diberlakukan dalam masyarakat.
  4. Fungsi hukum sebagai alat politik                                                     Fungsi ini bertujuan untuk memperkokoh kekuasaan politik atau mengefektifkan pelaksanaan kekuasaan negara. Fungsi ini menunjukkan keberadaan hukum tertulis yang dibuat secara prosedural. Keberadaan hukum dan politik kenyataannya tidak dapat dipisahkan, karena keberadaan hukum sebagai kaidah merupakan pesan-pesan politik.                                
  5. Fungsi hukum sebagai sarana penyelesaian sengketa                        Hukum bertujuan untuk menyelesaikan setiap konflik atau sengketa yang terjadi dalam masyarakat, sehingga terciptanya keteraturan dan ketentraman hidup warga masyarakat.
  6. Fungsi hukum sebagai sarana pengendalian sosial                            Fungsi ini bertujuan untuk mengendalikan masyarakat secara terencana, agar kehidupan sosial masyarakat dapat terkendali sesuai peraturan hukum yang berlaku. Fungsi hukum sebagai pengendalian sosial merupakan suatu proses yang direncanakan sebelumnya dengan tujuan untuk menganjurkan, mengajak, menyuruh, bahkan memaksa warga masyarakat agar mematuhi kaidah hukum yang berlaku.
  7. Fungsi hukum sebagai sarana pengintegrasi sosial                            Fungsi ini bertujuan untuk mengurangi konflik yang terjadi dan memperlancar proses interaksi pergaulan sosial.hukum menjadi sarana untuk menciptakan keserasia berbagai kepentingan masyarakat, Sehingga proses pergaulan hidup berlangsung dengan tertib dan lancar.
Itulah beberapa fungsi hukum sebagai sarana untuk mencapai tujuan hukum. Pada dasarnya tujuan hukum adalan membantu kehidupan manusia.

Posting Komentar untuk "Fungsi Hukum Sebagai Sarana Untuk Mencapai Tujuan Hukum"