Blogger Jateng

Bentuk Sel Tikus di Penjara

         Bicara mengenai bentuk sel tikus di penjara yang ada di Indonesia sangatlah beragam. Di sini saya akan menggambarkan bentuk sel tikus secara umum. Sumber ini saya dapatkan dari seorang sipir atau penjaga tahanan.

Bentuk Sel Tikus di Penjara

        Sebenarnya, istilah “Sel Tikus” sendiri tidak ada semenjak UU Pemasyarakatan tahun 1995. Penyebutan itu ada, karena populer diantara kalangan warga binaan pemasyarakatan (WBP). Yang ada di Lapas saat ini adalah “Straf Cell”. Merupakan kamar yang sama seperti sel pada umumnya, hanya berada di ruangan terpisah. Kamar tersebut digunakan untuk mendisiplinkan WBP yang melakukan pelanggaran di area Lapas. Seperti kedapatan memiliki alat komunikasi atau berkelahi sesama WBP.

        Jika seorang WBP melakukan pelanggaran seperti perkelahian, maka jajaran keamanan lapas akan menyelidiki dan menginterogasi WBP yang bersangkutan. Setelah diketahui yang bersalah maka WBP tersebut akan dimasukkan kedalam straf cell untuk diasingkan selama yang telah ditentukan. WBP yang melakukan perkelahian bisa mendapatkan hukuman seperti : hukuman fisik, kurungan dalam straf cell selama beberapa hari, pemberian register F, pencabutan remisi, dan pemindahan. 

        Contoh dari hukuman fisik seperti push up, lari, squat jump, bersih bersih. Hukuman fisik seperti di atas merupakan hukuman bagi pelanggaran ringan seperti : tidur saat apel, berkata kasar dekat petugas. Hukuman fisik ini berguna untuk membina WBP agar mematuhi aturan.

        Kurungan dalam straf cell bisa diberikan kepada WBP pelanggar sedang dan pelanggar berat. Jika WBP melakukan pelanggaran ringan seperti bertengkar mulut yang menimbulkan kerusuhan, maka bisa dikurung selama 2 atau 3 hari. Jika WBP pelanggar berat seperti perkelahian sampai berdarah maka, bisa dikurung selama 1 sampai 4 minggu.

        Modul Register F digunakan untuk mengelola buku Register F yang berisikan catatan pelanggaran WBP. Buku ini secara otomatis dapat mempengaruhi hak WBP terhadap remisi, grasi, kunjungan, PB, CMB, CMK dan lainnya. Register F merupakan hukuman yang berat bagi WBP karena mempengaruhi remisi.

        Pemidahan merupakan hukuman berat bagi WBP yang melanggar tata tertip di lapas. Pemindahan bisa menyulitkan WBP bertemu dengan keluarganya karena masalah jarak.

Posting Komentar untuk "Bentuk Sel Tikus di Penjara"