Blogger Jateng

Contoh Sumber Hukum Materil Landasan Substansial Pembentukan Hukum


        Sumber hukum materil adalah pondasi utama dalam membentuk dan mengatur norma-norma yang mengarahkan perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai sumber ini memberikan dasar hukum yang substansial untuk pembentukan undang-undang dan peraturan yang mengatur beragam aspek kehidupan. Berikut adalah beberapa contoh sumber hukum materil yang umumnya diakui dalam sistem hukum:

1. Undang-Undang (UU)

Undang-Undang adalah sumber hukum materil yang paling tinggi dalam suatu negara. Sebagai contoh, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) di Indonesia adalah landasan utama yang menentukan prinsip-prinsip dasar negara dan hak-hak warga negara. Selanjutnya, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menjadi contoh lain yang mengatur sistem pemerintahan daerah.

2. Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Presiden (Perpres)

Peraturan Pemerintah dan Peraturan Presiden adalah contoh sumber hukum materil yang mengelaborasi dan melaksanakan ketentuan Undang-Undang. Sebagai ilustrasi, Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2010 tentang Kekarantinaan Kesehatan menjadi contoh bagaimana pemerintah mengatur kebijakan kesehatan dalam konteks wabah atau pandemi.

3. Putusan Pengadilan (Judicial Precedent)

Putusan pengadilan, khususnya dari lembaga peradilan tinggi, menciptakan yurisprudensi yang menjadi contoh sumber hukum materil. Sebagai contoh, putusan Mahkamah Konstitusi Indonesia dalam perkara-perkara yang berkaitan dengan hak asasi manusia dapat membentuk landasan hukum yang baru. Putusan Mahkamah Agung yang menginterpretasikan undang-undang juga menjadi acuan bagi pengadilan-pengadilan di bawahnya.

4. Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati/Walikota

Contoh sumber hukum materil di tingkat daerah adalah Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati/Walikota. Sebagai contoh, Perda Provinsi Jawa Barat Nomor 3 Tahun 2015 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat menjadi landasan hukum yang mengatur penggunaan lahan dan tata ruang di tingkat provinsi.

5. Hukum Adat atau Kebiasaan (Customary Law)

Hukum adat mencerminkan kebiasaan dan tradisi masyarakat. Di beberapa wilayah, hukum adat masih menjadi sumber hukum materil yang penting. Sebagai contoh, hukum adat di suatu desa dapat mengatur tata cara adat, penyelesaian sengketa, dan hak-hak masyarakat setempat.

6. Traktat Internasional

Traktat internasional adalah perjanjian antara negara-negara. Meskipun bukan sumber hukum materil di tingkat nasional, traktat dapat menjadi landasan bagi pembentukan hukum di tingkat nasional. Sebagai contoh, Konvensi Hak Anak yang diratifikasi oleh suatu negara dapat memengaruhi pembentukan hukum perlindungan anak di tingkat nasional.

        Contoh-contoh di atas mencerminkan keragaman sumber hukum materil dan bagaimana sumber-sumber ini membentuk hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan. Penting untuk memahami dan menghormati sumber-sumber ini agar sistem hukum dapat memberikan perlindungan dan keadilan yang efektif kepada masyarakat.





Posting Komentar untuk " Contoh Sumber Hukum Materil Landasan Substansial Pembentukan Hukum"